Apabila Anda hendak membangun rumah atau bangunan lainnya, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis, sudah pasti amat bijaksana sekiranya Anda mempekerjakan seorang arsitek berpengalaman untuk membantu Anda. Tidak cuma bangunan Anda dapat terlihat lebih bagus, arsitek dapat membantu Anda didalam mewujudkan bangunan yang berguna dengan baik dan efisien, menjauhkan Anda dari masalah-masalah yang tidak Anda ingin di kemudian hari. Bangunan adalah sebuah investasi jangka panjang karena biaya pembuatannya yang tidak murah. Bahkan tidak jarang, rumah yang hendak Anda bangun dapat Anda tinggali seumur hidup. Dampak yang Anda rasakan dapat amat panjang. Tentu Anda ingin meraih rumah yang amat nyaman dan dapat Anda banggakan ke anggota keluarga, sanak saudara, dan siapa saja yang bertandang ke rumah Anda. Seorang arsitek handal dapat membantu Anda mewujudkan hal tersebut. Investasi tambahan yang mesti Anda keluarkan pun tidaklah mesti mahal. Biasanya umumnya biaya desain arsitek cuma lebih kurang 5% dari keseluruhan Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah Anda, sebuah investasi kecil yang amat layak untuk meraih mutu rumah yang jauh lebih besar nilainya.

Yang menjadi kasus saat ini adalah, kala Anda udah menemukan beberapa jasa arsitek rumah, bagaimana caranya untuk memilih yang tepat untuk Anda? Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti Anda cermati: 

1. Lihat portofolionya

Seorang arsitek handal tentu dapat dilihat dari portofolionya. Semakin berpengalaman seorang arsitek, tentu portofolionya tambah kaya, baik dari aspek kuantitas, maupun kualitas. Bagaimana bentuk-bentuk bangunan yang dulu dia desain sebelumnya? Apakah cocok dengan selera Anda? Apa saja tipe-tipe bangunan yang dulu dia buat? Bila Anda ingin mencari arsitek untuk membangun restoran, sudah pasti Anda mesti mencari arsitek yang berpengalaman membangun restoran. Bila portofolionya begitu banyak, tapi seluruhnya rumah tinggal atau bangunan tinggi (high rise) dan tidak ada satu pun proyek restoran, barangkali arsitek itu kurang tepat untuk Anda. Demikian pula sekiranya Anda ingin membangun rumah sakit, sudah pasti Anda mesti mempekerjakan arsitek yang udah sering membangun rumah sakit, bukan restoran atau mal. Apabila Anda menemukan beberapa arsitek dengan portofolio yang bagus dan cocok dengan selera Anda, barangkali Anda dapat menjadi menghubungi dan mengakibatkan janji temu dengan mereka.

2. Lihat kepribadiannya

Langkah berikutnya untuk memilih arsitek adalah dengan menemui mereka secara langsung untuk melihat kepribadiannya. Apakah mereka orang yang supel atau pendiam? Apakah mereka senang bercanda atau serius? Apakah mereka meledak-ledak atau kalem? Pilihlah arsitek dengan kepribadian yang cocok dengan kepribadian Anda. Ingatlah bahwa mempekerjakan arsitek tidak serupa dengan mempekerjakan tukang ledeng. Anda tidak cuma berhubungan dengan dia selama satu dua hari lalu selesai. Sebuah proyek arsitektur dapat memakan selagi bulanan bahkan tahunan. Anda sudah pasti ingin bekerja dengan orang yang memiliki kepribadian yang Anda sukai. Selain bersua langsung, Anda barangkali dapat menjadi mengenali kepribadian seorang arsitek dari sosial medianya seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Banyak arsitek yang aktif di sosmed dan ini dapat membantu Anda untuk mengenal kepribadian mereka dengan mudah.

3. Tanyakan pendapat klien-klien sebelumnya

Tidak ada pendapat yang lebih dapat Anda yakin dibandingkan dengan pendapat para klien yang sebelumnya dulu bekerja dengan arsitek tersebut. Seorang klien yang senang dapat dengan senang hati memberikan penilaian-penilaian positif berkenaan arsitek tersebut. Demikian pula sebaliknya, seorang klien yang kecewa kebanyakan dapat secara otomatis meluapkan kekecewaannya pada Anda. Bila Anda udah memahami beberapa portofolio sang arsitek, Anda dapat coba untuk bertanya langsung kepada kliennya. Bila Anda udah mengenal klien sebelumnya, Anda memadai beruntung. Bila tidak, Anda dapat mencari memahami sendiri kontaknya atau bahkan bertanya kepada sang arsitek. Kalau sang arsitek memang beritikad baik untuk membantu Anda, tentu dia dapat dengan senang hati membagikan testimoni klien-kliennya yang senang kepada Anda. 

4. Tanyakan langkah kerjanya dengan mendetail (termasuk fee)

Setelah Anda diyakinkan oleh komentar-komentar positif dari klien-klien yang puas, Anda dapat menjadi menjajaki langkah kerjanya. Masing-masing arsitek mempunyai langkah kerja yang kadang sedikit berbeda satu serupa lain. Anda dapat bertanya secara mendetail bagaimana kebanyakan dia bekerja, menjadi dari mana, apa saja yang dapat dia lakukan, kapan deadline-nya, hingga ke hal yang paling penting, yaitu berapa fee-nya. Biasanya arsitek berikut dapat mengajukan penawaran yang di dalamnya tertulis tahapan-tahapan pekerjaan lengkap dengan product apa saja (gambar / maket / video) yang dapat dia berikan pada Anda, deadline, dan fee untuk masing-masing tahap. Anda mesti untuk mempelajari baik-baik seluruh yang tertulis di situ, bertanya sekiranya ada yang tidak Anda pahami, dan tentu saja Anda dapat menawar harganya. Apabila harganya cocok, langsung saja deal dan rencana rumah idaman Anda dapat dimulai.

5. Chemistry

Keempat aspek di atas adalah hal-hal teknis yang dapat Anda laksanakan untuk mencari seorang arsitek yang tepat. Akan tetapi, pada akhirnya yang memilih tepat/tidaknya arsitek berikut untuk Anda adalah chemistry antara Anda dengan sang arsitek. Memilih arsitek barangkali ada sedikit kesamaannya dengan memilih pacar. Anda dapat memiliki beberapa persyaratan tertentu, tapi pada akhirnya “chemistry”-lah yang menyatukan Anda berdua. Mungkin orang yang Anda memilih tidak memenuhi seluruh persyaratan yang Anda tetapkan sebelumnya. Tetapi, karena Anda merasakan kecocokan yang sulit dijelaskan, akhirnya Anda “jadian” juga. Demikian terhitung dengan memilih arsitek, barangkali arsitek itu tidak memenuhi 4 persyaratan ideal di atas; dapat saja barangkali harganya kemahalan, atau kepribadiannya agak sombong, atau dia belum dulu merancang tipologi bangunan yang Anda hendak bangun, tapi sekiranya Anda merasakan “chemistry” antara Anda dengan arsitek tersebut, mengapa tidak? Arsitek Anda dapat menjadi kawan baik dekat Anda untuk berbarengan mewujudkan rumah/bangunan idaman Anda.